Arti Gelar Daeng

Arti Gelar Daeng
Taukah Anda apa itu Daeng? Mungkin sekarang Anda sedang berpikir tentang orang Makassar. Memang benar kata Daeng sangat identik dengan orang Makassar. Menurut sejarah yang pernah saya dengar dari orang tua saya sendiri, Daeng adalah nama kedua yang dimiliki oleh sebagian orang Makassar yang memiliki status yang lebih tinggi dari orang biasa. Daeng adalah tingkatan di bawah tingkatan karaeng (orang yang dinobatkan sebagai raja). Dulunya julukan Daeng hanya digunakan oleh kalangan pengusaha dan shah bandar di Makassar. Makna Daeng pun tidak semerta-merta diberikan kepada seseorang. Nama ini mempunyai makna dan arti tersendiri yang beragam, sesuai dengan maksud dan tujuan diberikan nama tersebut. Namun dewasa ini sudah banyak berubah dan bergeser dari anggapan masyarakat pada umumnya.

Mungkin masih banyak orang tua yang memberikan gelar Daeng kepada anak-anaknya dengan maksud tertentu, tapi sebagian anak tidak ingin memakainya dengan alasan yang beragam. Mungkin mereka merasa gelar tersebut terkesan jadul dan identik dengan tukang "becak" dsb. Padahal nama tersebut diberikan dengan maksud yang baik dan memiliki arti yang baik pula. Gelar Daeng biasanya bermaknakan doa, panutan, nama orang yang telah berjasa dan sebagainya.

Semoga gelar "Daeng" ini tetap ada dan terus digunakan serta tidak disalah artikan oleh orang yang mungkin tidak mengetahui sejarah arti dari gelar Daeng.


Klik +1 dan like bila artikel di atas bermanfaat :)


Protected by Copyscape Plagiarism Scanner DMCA.com
Dilarang sembarangan copypaste! Baca aturannya di sini!

1 comments:

jadi mengetahui arti Daeng yang sebenarnya dari blog ini.
thanks bro.

Post a Comment

[ Gunakan Kotak Komentar Popup untuk Berkomentar ]

Dilarang keras meninggalkan komentar SPAM. Baca aturan di blog ini di sini. Pertanyaan yang mengandung pertanyaan yang berkaitan dengan artikel di atas akan saya balas. Terima kasih.